RSS

Pemuaian pada kaca jendela

pemuaian adalah peristiwa bertambah atau berkurangnya panjang luas , volume suatu benda akibat perubahan suhu . . Pada umumnya suatu zat akan memuai ketika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan . Walaupun pemuaian ini biasanya cukup kecil untuk bisa diamati , namun fenomena ini sangat penting karena gaya yang dihasilkan sangat besar dan harus diperhitungkan untuk rancangan bangunan tertentu seperti rel kereta api , jembatan baja , atau sambung beton dijalan raya . pada saat sebuah benda dipanaskan , gerakan molekul-molekulnya semakin cepat , yang menyebabkan pergeserannya semakin besar.

membengkoknya rel kereta api dan struktur jembatan atau macetnya komponen mesin karena terlalu ppanas adalah contoh pemuaian . Dari contoh tersebut menunjukan alasan mengapa celah pemuaian harus diikutsertakan . Pembengkokkna pada rel kereta api terjadi karena ruang yang mengantisipasi pemuaian tidak mencukupi , jadi pemasangan pada rel kereta api harus diberi celah agar , ada ruang untuk pemuaiannya.

itu adalah salah satu contoh pemuaian . comtoh lai yang mudah kita amati dan sering sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah PEMUAIAN PADA KACA JENDELA .

Jika kita perhatikan secara saksama pada cuaca yang cukup dingin kaca yang terpasang pada bingkai terlihat longgar . Sedangkan pada cuaca yang panas kaca jendela pada bingkainya terlihat terpasang erat . pemasangan kaca pada bingkainya disengaja agar terdapat celah untuk kaca memuai pada siang hari ketika terkena sinar matahari yang begitu panas atau pada hari yang cukup dingin .

pada hari yang cukup dingin , kaca jendela dan bingkai kayunya yang terpasang sama-sama mengalami pengerutan . Namun , kaca jendela memuai lebih cepat daripada bingkai kayu (muai kaca jendela lebih besar dari muai kayu) . dan hal itulah yang menyebabkan jika kita memperhatikan kaca jendela pada cuaca yang cukup dingin terlihat longgar terhadap bingkainya .

Sedangkan pada hari yang terik dan panas , kaca jendela mengembang lebih cepat daripada bingkainya . mengembangnya kaca jendela pada bingkainya ini menyebabkan kaca terpasang erat sekali .

selain itu tujuan dari pemasangan kaca pada jendela yang terlihat longgar adalah untuk mencegah pecahnya kaca saat terjadi getaran yang besar .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Anonim mengatakan...

:f:

Anonim mengatakan...

thanks atas infonya,jadi bisa ngerjain tugas

Anonim mengatakan...

makasi

Rima Putri mengatakan...

terimakasih infonya

Poskan Komentar